Buku Otoritas Jasa Keuangan Membangun Negeri

Pada tahun 2022, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) genap berusia sepuluh tahun. Selama satu dasawarsa, OJK membuktikan diri sebagai lembaga negara yang berperan sangat strategis dalam membangun negeri dengan turut menopang dan menggerakkan roda perekonomian nasional melalui sektor jasa keuangan. Sebagai lembaga yang independen dan kredibel, OJK terus berbenah diri baik melalui pelaksanaan fungsi dan tugas sesuai mandat undang-undang maupun pembenahan secara internal, seperti pembangunan gedung kantor dan fasilitasnya.

Buku OJK Membangun Negeri ini merekam perjalanan OJK mewujudkan cita-cita untuk memiliki gedung kantor sendiri dalam upaya menghadirkan lembaga OJK melindungi masyarakat pengguna jasa keuangan. Gedung OJK dirancang spesifik sesuai lokasi gedung melalui penambahan sentuhan budaya daerah sebagai bentuk apresiasi pada nilai budaya daerah serta kepedulian pada bangunan cagar budaya. 

Pembangunan Gedung OJK juga mengedepankan prinsip-prinsip kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Hal ini sebagai bentuk respon OJK menjawab tantangan perubahan iklim yang telah menjadi agenda nasional. Seiring dengan implementasi Taksonomi Hijau Indonesia, OJK menerapkan pendekatan green building sejak proses perencanaan, proses konstruksi, hingga operasi bangunan untuk mengurangi dampak negatif bagi lingkungan (sustainable building).

Buku ini menyajikan secara lengkap infrastruktur gedung baik yang saat ini sudah dioperasikan maupun masih dalam rencana, termasuk rencana pembangunan gedung kantor yang terintegrasi di Jakarta serta desain kantor OJK di Nusantara lokasi ibukota negara baru.

Selengkapnya silakan unduh materi terlampir.

Download : Buku Otoritas Jasa Keuangan Membangun Negeri